kapur barus

Cara Membasmi Rayap yang Mudah Dilakukan

Rayap adalah salah satu sumber masalah bagi rumah yang berbahan bangunan kayu. Bagaimana tidak rayap suka ditemukan sedang merayapi kayu-kayu ataupun perabotan rumah. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena bisa berakibat rusaknya perabot tersebut. Bahkan jika dibiarkan, rayap akan membuat rumah menjadi keropos. Tentunya hal tersebut akan membahayakan penghuni rumah karena adanya peluang bahwa rumah akan roboh.

Membasmi rayap bisa menggunakan bahan kimia, tetapi cara tersebut tidak dianjurkan jika tidak dilakukan dengan hati-hati karena bisa merusak lingkungan.

Cara Membasmi Rayap Secara Alami

Bagi anda yang sedang berhadapan dengan rayap, maka bisa mengikuti cara membasmi rayap yang mengganggu ketentraman hidup anda dengan cara sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Sinar Matahari

Cara pertama yang sederhana adalah memanfaatkan sinar matahari. Panasnya sinar matahari dapat kita manfaatkan untuk menjemur perabot kita yang terbuat dari kayu. Dengan menjemur, maka akan mengurangi tingkat kelembaban dari perabot kita sehingga rayap akan enggan memakan kayu dari perabot tersebut.

Selain perabot kayu, barang yang seringkali harus dijemur adalah tumpukan buku bekas. Jika anda suka menyimpan buku, maka perlu di jemur jika kondisi buku tersebut lembab. Ingat bahwa rayap juga suka akan kertas tidak hanya kayu.

2. Mengeringkan Genangan Air

Di musim hujan, bagi halaman rumah yang masih ada tanahnya biasanya akan muncul genangan air. Genangan air inilah yang harus diwaspadai karena akan mengundang rayap untuk datang. Jika ada genangan air sebisa mungkin harus dikeringkan.

Salah satu tanda bahwa ada rayap di sekitar kita adalah dengan adanya laron. Kita mungkin sudah tau bahwa rayap dewasa akan menjadi laron. Laron ini biasanya muncul berkumpul di bahaw sinar lampu setelah hujan selesai saat malam hari. Adanya laron ini berarti menandakan adanya rayap di sekitar kita.

3. Menjauhkan Kayu dari Bangunan Rumah

Kayu adalah makanan favorit bagi rayap. Oleh karena itu, jangan menaruh kayu secara langsung di atas tanah karena akan menarik rayap untuk datang. Bisa jadi dari luar kayu tersebut tampak bersih, tetapi rayap bisa memakannya dari bawah tanah.

Ada banyak kasus dimana kayu tersebut sudah keropos habis dimakan rayap. Hal ini tentu saja merugikan bagi pemilik rumah/kayu tersebut. Apalagi jika kayu yang dimakan adalah kayu untuk membangun rumah.

4. Menggunakan Kapur Barus

Jika biasanya kapur barus ditaruh di dalam lemari, maka kapur barus bisa juga diletakkan di pojok-pojok rumah atau tempat tertentu yang disinyalir menjadi tempat kesukaan rayap.

Dengan adanya informasi bahwa kapur barus memiliki manfaat untuk mencegah datangnya rayap. Hal ini tentunya sangat membantu kita untuk mencegah datangnya rayap ke rumah kita.

5. Menggunakan Jasa Profesional

Jika serangan rayap tersebut telah sangat parah, apalagi jika kita terlambat mengetahui nya, maka kita pun akan kesusahan untuk menangani rayap tersebut sendirian. Saat inilah kita harus menggunakan jasa anti rayap profesional.

Dengan menggunakan jasa anti rayap, kita akan mendapatkan bantuan profesional yang tidak hanya membasmi secara tuntas, tetapi juga memberikan garansi terhadap jasa pembasmian rayap tersebut selama beberapa tahun ke depan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *