Siapa sih yang tidak ingin masuk STAN? STAN yang kini bernama PKN STAN adalah salah satu sekolah kedinasan yang paling banyak diincar oleh para siswa. Bagaimana tidak, lulusan STAN akan berpeluang besar bekerja di Kementerian Keuangan yang memiliki gaji tidak sedikit.

Setiap tahunnya, ada banyak sekali pendaftar yang mengikuti ujian masuk STAN. Dari banyaknya pendaftar tentu hanya sedikit yang diterima karena persaingan untuk masuk akan sangat ketat. Kamu pasti ingin menjadi salah satu dari sekian banyak pendaftar yang diterima masuk STAN. Oleh karena itu, usaha yang kamu lakukan juga harus lebih keras dari kebanyakan pendaftar.

Tips Mengikuti Ujian Masuk STAN

Apakah mempelajari Materi STAN cukup untuk membuatmu diterima? Untuk bisa diterima masuk STAN, ada beberapa persiapan yang harus kamu miliki. Beberapa di antaranya adalah:

1. Niat yang Kuat

Semua orang yang mendaftar pasti ingin diterima, lalu apa yang membedakan di antara pendaftar tersebut? Salah satunya adalah niat yang kuat untuk dapat diterima di STAN.

Sebagian pendaftar mungkin mendaftar untuk sekedar mencoba mencari keberuntungan. Sebagian yang lain memang memiliki tekad yang kuat untuk mendaftar agar diterima dan lolos seleksi. Nah, kamu yang mendaftar masuk kategori yang mana?

Ingat, niat saja tidak cukup, oleh karena itu setelah kamu memiliki niat yang sungguh-sungguh, maka harus dilanjutkan dengan ikhtiar di point selanjutnya.

2. Mempelajari Materi Ujian Masuk STAN

Pada tahun 2021, PKN STAN menggunakan sistem masuk dengan nilai UTBK bagian TPS dan SKD. Ujian tersebut terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TBI).

Tentunya kamu harus mengikuti perkembangan bagaimana atau apa saja tes yang akan diujikan pada ujian masuk tahun ini. Meskipun mungkin ada perbedaan, tetapi kemungkinan tidak banyak berubah.

Materi PKN STAN telah banyak beredar di internet. Kamu bisa mencari contoh-contoh soalnya dan mempelajarinya. Jika ada uang lebih, sangat disarankan untuk membeli buku bank soal untuk memperkaya latihan soal yang harus kamu lakukan.

3. Mengikuti Bimbingan Belajar STAN

Menjelang pendaftaran STAN, akan banyak pihak yang membuka bimbingan belajar untuk ujian masuk STAN. Jika kamu masih mengalami kesulitan saat belajar sendiri, maka ada baiknya kamu mengikuti bimbel semacam itu.

Ingat, yang membuat mu di terima di STAN bukanlah bimbel, tetapi seberapa sungguh-sungguh kamu belajar dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian.

4. Jangan Lupa Berdoa dan Mohon Restu Orang tahun

Berusaha dengan maksimal tidak boleh lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan hasil yang maksimal dan sesuai keinginan.

Salah satu hal yang terlihat sederhana tetapi sering dilupakan adalah meminta doa restu orang tua, khususnya kepada ibu kita. Mintalah agar mereka selalu mendoakan kita supaya diberikan kemudahan dan kelulusan saat ujian nanti. Ingat lah bahwa doa orang tua lebih mudah diijabah dan dikabulkan oleh Allah.

Demikian beberapa tips yang dapat kamu ikuti sebagai persiapan mengikuti ujian STAN. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.

Enter Captcha Here : *

Reload Image