Pernahkah anda membayangkan apabila mobil tidak dilengkapi AC? Tentu akan panas sekali bukan? Hal pertama di siang hari ketika masuk mobil adalah menyalakan AC dan berharap akan kesejukan AC tersebut.

AC merupakan fitur untuk kenyamanan pengendara serta penumpang pada mobil. Ada beragam komponen AC mobil dan fungsinya pada setiap komponen. Simak komponen AC yang sering terpasang serta fungsinya.

Berbagai Macam Komponen AC Mobil dan Fungsinya

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa komponen AC mobil berikut dengan fungsinya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.

Kompresor

Kompresor mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pemompa freon yang nantinya akan disalurkan ke bagian sistem AC. Tanpa adanya penyaluran AC mobil tidak bisa berfungsi dengan semestinya.

Di bagian kompresor ada 2 bagian yang sangat penting yaitu saluran hisap dan buang. Keduanya bekerja sama untuk memompa udara menuju kondensor. 

Kondensor

Kondensor sama seperti kompresor, kondensor mempunyai fungsi yang sangat penting. Fungsi dari kondensor sebagai pendingin dengan melepas aura panas dari freon. Proses pendinginan di buntu oleh cooling fan.

Receiver Dryer

Receiver dryer merupakan komponen yang tidak boleh diremehkan. Karena komponen ini mempunyai fungsi menyaring seluruh kotoran yang tidak sengaja masuk pada sistem AC.

Cooling Fan

Seperti namanya piranti ini berhubungan dengan proses pendinginan. Cooling fan mempunyai fungsi untuk mendinginkan kondensor pada AC yang terletak di bagian radiator mobil. Keberadaannya pun sangat penting, karena ketika sudah berhembus, maka panas pada freon bisa berkurang.

High Pressure Hose

High pressure hose mempunyai fungsi utama untuk tempat freon cair mengalir dengan tekanan tinggi. Anda harus merawat komponen ini dengan sangat baik.

Diameter dari komponen ini lebih kecil jika dibandingkan dengan low pressure hose. Sehingga menjadikan perbedaan terhadap tekanan dengan fungsi membuat system spraying yang mampu bekerja.

Low Pressure Hose

Low pressure hose mempunyai diameter yang sedikit lebih besar daripada  high pressure hose. Komponen ini mempunyai fungsi untuk menyalurkan freon dalam bentuk gas dari berbagai evaporator hingga kembali ke bagian kompresor. Walaupun terlihat sama tetapi high pressure hose dan low pressure hose mempunyai fungsi yang berbeda.

Expansion Valve

Komponen ini berfungsi mengubah freon yang cair menjadi gas melalui proses spraying. Proses praying digunakan untuk membuat suhu menjadi lebih dingin sebelum dimasukkan ke evaporator.

Blower

Blower mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan cooling fans, blower mempunyai fungsi yang berbeda dengan komponen tersebut. Fungsi utamanya adalah menghembuskan udara melalui bagian evaporator.

Freon

Komponen ini seringkali disebut, tetapi Apa Anda tahu apa fungsi utamanya? Freon mempunyai fungsi untuk refrigerant. Bisa dikatakan bahwa freon merupakan gas khusus yang mempunyai suhu normal yang dingin. Sebelum melalui proses pendinginan suhu freon mencapai angka 0 derajat Celcius. Penggunaan freon pada AC mobil didasari pada kemampuannya dalam menahan radiasi.

Anda perlu mengetahui komponen AC mobil dan fungsinya secara jelas. Supaya jika ada kerusakan pada bagian komponen tersebut Anda mengetahuinya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

Enter Captcha Here : *

Reload Image