fungsi tube settler

Pengertian dan Fungsi Tube Settler Pada Proses Sedimentasi

Fungsi tube settler pada kolam pengendapan air bersih cukup berperan penting. Bahkan tidak hanya pada air bersih saja akan tetapi juga untuk limbah. Sebagian besar orang pasti kurang tahu apa itu tube settler. Namun ada juga sebagian yang sudah paham dan mengerti akan fungsi dari komponen yang satu ini. Bagi Anda yang masih kurang paham dengan tube settler berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian dan Fungsi Tube Settler

Dalam sistem pengolahan air limbah di dunia industri, dikenal teknik yang bernama Lamella. Teknik ini dikenal efektif untuk mengolah limbah yang bersifat cair. Pengolahan limbah air dengan teknik Lamella ini menggunakan pelat yang seringkali dikenal dengan sebutan Lamella Plate. Lamella Plate terbuat dari bahan logam PVC yang disusun sebagai clarifier. Dari penjelasan tersebut, maka muncullah istilah Lamella Clarifier.

Saat ini pengolahan air limbah atau air bersih sudah semakin marak di Indonesia. Hal ini dipengaruhi dengan banyaknya kebutuhan air bersih bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Tube Settler itu sendiri merupakan susunan tube atau selongsong dengan kemiringan kurang lebih 60 derajat. Pada umumnya komponen tersebut banyak digunakan untuk meningkatkan kapasitas kolam pengendapan. Baik untuk pengolahan air bersih atau limbah.

Penggunaan media tube settler biasanya digunakan dalam proses sedimentasi. Dimana cara ini dilakukan sebagai salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan persentase penyisihan kotoran atau keruhnya air bersih. Adapun beberapa sudut kemiringan tube settler yang bervariasi. Mulai dari 30, 40, 50, 60 dan 70 derajat. Sedangkan untuk varian diameternya yaitu 1, 1.25, 1.5, 2, dan 2.5 inchi

Fungsi dari Tube Settler

Adanya pengertian akan tube settler kini Anda juga perlu tahu apa fungsinya pada proses sedimentasi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika tube settler hadir untuk membantu sistem pengendapan pada proses sedimentasi. Settler itu sendiri sudah merupakan proses pengendapan. Dimana proses menggunakan komponen ini mampu membantu pemisahan akan air bersih dan kotor.

Hasil yang diperoleh dari proses kimia fisika dengan bahan tertentu. Setelah melalui proses tersebut kotoran akan terikat baik untuk unsur logam maupun organik. Bahan yang bisa digunakan sebagai tube settler yaitu PVC, Polyethylene PE maupun Fiberglass FRP. Mengingat fungsi tube settler cukup penting maka bahan nya juga berkualitas. Tube settler biasanya memiliki bentuk seperti lembaran bergelombang yang dirakit menjadi satu sehingga membentuk seperti sarang tawon. Setiap pemasanannya memiliki jarak antar lubang sekitar 2,5 -5 cm.

Media yang satu ini akan membantu proses pengendapan dengan cara merubah arah aliran air dari vertikal ke atas menjadi laminar dengan kemiringan 60 derajat. Sehingga turbulensi aliran fluida pada air akan semakin berkurang. Dengan demikian pengendapan akan memberikan hasil terbaik dengan nilai TSS yang berkurang.

Media tube settler memang sangat berpengaruh pada pengendapan air limbah atau air bersih. Apalagi sebagian lembaga penelitian suah merupakan fungsi tube settler untuk dapat mengolah air dengan baik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image