Pasti masih ada beberapa orang yang belum mengetahui pengertian dan jenis APAR. Padahal mulai tahun 2021 Kemenhub sudah mewajibkan setiap kendaraan roda empat untuk memiliki APAR. Namun bagi sebagian orang pastinya masih asing dengan istilah APAR, sebenarnya APAR ini singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan.

Berikut Ini Pengertian dan Jenis APAR

APAR ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memadamkan api dan mengendalikan kebakaran kecil, biasanya APAR ini berbentuk tabung kecil. Di dalam tabung ini biasanya akan diisi dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi, APAR ini merupakan salah satu alat K3.

Untuk itu APAR ini harus dimiliki setiap perusahaan, tidak hanya itu saja sekarang kendaraan roda empat juga wajib memiliki alat ini untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. APAR ini juga harus dimaintenance setiap jangka waktu tertentu. Hal ini untuk menjaga agar isi dari APAR tetap berfungsi dengan baik dan dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. Bagi anda yang ingin mengetahui biaya yang dibutuhkan, dapat melihat informasi harga apar ini.

Bagi Anda yang belum mengetahui jenis APAR, berikut ini beberapa jenis APAR yang harus Anda ketahui untuk mengetahui lebih lanjut tentang APAR.

APAR Air Water

Jenis APAR ini merupakan APAR yang berisi air bertekanan tinggi yang dapat membantu untuk memadamkan api. Jenis APAR ini merupakan salah satu jenis paling ekonomis. APAR jenis ini cocok untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan padat non-logam seperti kertas, kain, karet, plastic dan beberapa bahan yang termasuk kebakaran kelas A.

APAR Busa Foam

Jenis berikutnya merupakan APAR yang berisi bahan kimia dan dapat berbentuk busa. Selain itu, juga dapat membantu untuk memadamkan api. Nantinya busa dari APAR ini akan disemprotkan ke pusat kebakaran dengan tujuan untuk menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak bisa masuk dan proses kebakaran dapat dihentikan.

Alat APAR Serbuk Kimia

Alat berikutnya ini merupakan APAR yang berisi serbuk kimia kering yang akan dikeluarkan untuk menyelimuti bahan yang terbakar. Serbuk ini akan memisahkan oksigen sebagai penyebab kebakaran. Alat ini dapat digunakan untuk memadamkan api dengan kebakaran kelas A, B, C.

APAR Karbon Dioksida

Jenis APAR berikutnya ini sangat cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas B dan kelas C. APAR ini diisi dengan karbon dioksida yang digunakan untuk memadamkan api.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan jenis APAR, harga apar hingga kegunaanya. Ternyata banyak yang baru saja mengetahui, bahwa peranannya sangat penting terutama pada saat kondisi mendesak dan emergency. Itulah mengapa, benda ini wajib ada di tempat-tempat umum, seperti kantor, pusat perbelanjaan, dan area indoor lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.

Enter Captcha Here : *

Reload Image