Tips Promosi Menggunakan Shorten Link

Tips Promosi Menggunakan Shorten Link

Shorten link atau layanan penyingkat URL adalah layanan yang seringkali digunakan di dalam aktifitas bisnis ataupun pekerjaan kantoran. Orang banyak menggunakan shorten URL untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk share link Google Drive yang panjang.

Link yang panjang, akan lebih mudah diingat jika link tersebut diperpendek. Dengan memendekkan URL, maka akan lebih mudah pula bagi kita untuk membagikannya di media-media seperti media sosial, Whatsapp, Telegeram, bahkan SMS sekalipun.

Pertanyaan di atas, akan kami coba rangkum dalam beberapa poin penting di bawah ini.

1. Gunakan platform short URL yang terpercaya dan populer.

Ada banyak sekali layanan shorten URL yang dapat Anda gunakan. Beberapa di antaranya adalah bit.ly, goo.gl, tinyurl.com dan come.to. Apakah anda tahu, bahwa come.to merupakan layanan short URL yang pemiliknya adalah warga negara Indonesia. Come.to hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna internet terhadap layanan short URL di negeri sendiri.

Dengan menggunakan domain yang singkat dan mudah diingat, come.to memiliki 5 paket yang bisa anda pilih. Paket yang tentunya harus anda coba adalah paket yg Free atau gratis terlebih dahulu. Jika kebutuhan anda lebih banyak dan kompleks, maka dapat menyesuaikan pilihan paket yang tersedia.

2. Buatlah short URL yang deskriptif dan mudah diingat

Meskipun shorten URL dapat menyingkat URL dengan lebih singkat, tetapi jangan asal-asalan dalam memperpendek URL. Usahakan URL yang disingkat sehingga lebih mudah di-share dan diingat oleh target pengguna.

Contohnya, jika anda mempunyai alamat URL yang panjang: domain.com/contoh-url-panjang-sekali-dua-kali-tiga-kali. Maka anda dapat menyingkat dengan yang lebih mudah, seperti: come.to/urlpanjang

Dengan cara seperti ini, maka URL pendek juga cukup menggambarkan, ketimbang memberikan URL pendek dengan nama random seperti come.to/abcdefg

3. Tambahkan short URL pada media promosi Anda

Salah satu manfaat short URL adalah dapat mempermudah anda untuk melakukan promosi. URL yang pendek akan lebih mudah diingat dan dapat dengan mudah dituliskan pada sosial media, email, atau material promosi yang lain.

4. Gunakan short URL sebagai bagian dari strategi pemasaran yang lebih besar

Jika anda menggunakan kampanye iklan atau program referral, maka akan lebih cocok jika menggunakan short URL. Hal ini karena selain pendek, shorten URL juga memiliki fitur monitoring yang dapat membantu anda untuk memantau seberapa banyak orang yang telah melihat URL anda.